Cara Setting Aplikasi Untuk Jaringan Lokal

Bagi beberapa orang membeli atau menyewa server dirasa berat karena harganya yang lumayan mahal, tapi menurut saya pribadi mahal atau murah itu relatif dari kebutuhan setiap penggunanya. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat jaringan lokal yang bisa di akses untuk aplikasi yang basenya PHP dan database MySQL. Disini saya asumsikan kamu sudah menyiapkan Komputer/Laptop yang akan dijadikan sebagai Servernya, dan terdapat jaringan Wifi ditempat kamu.

Pastikan didalam Komputer/Laptop kamu terdapat Webserver seperti Xampp, AppServe, Wamp, Ampps, Laragon dan sebagainya. Disini saya menggunakan Laragon untuk webserver saya, Selanjutnya kamu buka modul Apache - httpd.conf (Untuk Webserver lain menyesuaikan) cari script dibawah ini :

#LoadModule vhost_alias_module modules/mod_vhost_alias.so
Hilangkan tanda # didepan LoadModule, kemudian simpan. Selanjutnya kamu menjalankan Webserver kamu, check ip lokal komputer/laptop kamu. kemudian coba akses melalui perangkat lain seperti handphone, atau laptop lainnya. Jika kamu masih bingung, bisa ikuti panduan pada video dibawah ini :


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url