Error Laravel : symlink(): No such file or directory

symlink(): No such file or directory

Penyebab umum dari error ini adalah ketika direktori penyimpanan (storage) atau direktori publik (public) belum ada atau tidak dapat diakses oleh sistem. Pada dasarnya, perintah php artisan storage:link digunakan untuk membuat symlink (shortcut) dari direktori penyimpanan ke direktori publik, sehingga file-file yang disimpan di direktori penyimpanan dapat diakses secara publik melalui URL.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi error laravel symlink(): No such file or directory :
  1. Pastikan bahwa direktori penyimpanan (storage) dan direktori publik (public) sudah ada di dalam proyek Laravel Anda. Jika kedua direktori ini belum ada, Anda dapat membuatnya dengan perintah berikut di terminal:
    mkdir storage
    mkdir public
    
  2. Setelah kedua direktori tersebut sudah ada, pastikan bahwa direktori penyimpanan (storage) memiliki izin yang cukup untuk membuat symlink. Anda dapat mengubah izin direktori dengan perintah berikut:
    chmod -R 755 storage
    
  3. Selanjutnya, jalankan perintah php artisan storage:link untuk membuat symlink dari direktori penyimpanan ke direktori publik. Pastikan Anda berada di dalam direktori proyek Laravel saat menjalankan perintah ini.
    php artisan storage:link
    
  4. Jika Anda masih mendapatkan error "No such file or directory" setelah mengikuti langkah-langkah di atas, periksa kembali apakah direktori penyimpanan (storage) dan direktori publik (public) sudah benar-benar ada dan dapat diakses oleh sistem. Karena pada umumnya, dengan menjalankan perintah php artisan storage:link masalah diatas dapat terselesaikan. tetapi ada kasus dimana masalah ini harus diselesaikan secara manual contohnya ketika aplikasi anda berjalan di server Cpanel atau sejenisnya berikut contoh perintah manual untuk mengatasi error tersebut:
    Dijalankan dari folder public laravel
    ln -s /home/usernamecpanel/folderlaravel/storage/app/public storage
    
    Dijalankan melalui home direktory
    ln -s /home/usernamecpanel/folderlaravel/storage/app/public /home/usernamecpanel/folderlaravel/public/storage
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mengatasi error laravel symlink(): No such file or directory dan berhasil menjalankan perintah php artisan storage:link pada aplikasi Laravel Anda, baik di Local mau pun di Server Hosting Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa izin akses dan keberadaan direktori sebelum menjalankan perintah tersebut.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url