Symlink di Cpanel Hosting

Laravel symlink

Pengertian Symlink

Symlink adalah singkatan dari symbolic link, yaitu sebuah file khusus yang menunjuk ke file atau direktori lain. Symlink tidak berisi data sebenarnya, tetapi hanya berisi informasi tentang lokasi file atau direktori yang dituju. Symlink dapat dibuat untuk berbagai tujuan, misalnya untuk membuat pintasan ke file atau direktori, untuk berbagi file atau direktori antara pengguna yang berbeda, atau untuk membuat cadangan file atau direktori. Pada umumnya di Laravel untuk membuat symlink cukup jalankan perintah php artisan storage:link tetapi, hal itu tidak dapat dilakukan pada beberapa penyedia hosting seperti shared hosting dan berikut ini beberapa cara membuat symlink pada shared hosting.

Symlink melalui Terminal

  • Login ke cPanel Hosting
  • Pilih menu Terminal
  • Masukan perintah/command seperti berikut :

ln -s target_path link_path
Contoh : misalkan Anda ingin membuat symlink dari folder root laravel laravel/storage/app/public ke public_html/storage jalankan melalui root direktori aplikasi laravel Anda pada terminal
ln -s /home/usernamecpanel/folderlaravel/storage/app/public /home/usernamecpanel/public_html/storage
Selain itu. Anda juga bisa melakukannya dengan cara lain, yaitu menjalankan perintah dibawah ini melalui home direktori aplikasi laravel Anda pada terminal
ln -s /home/usernamecpanel/folderlaravel/storage/app/public storage
(sesuaikan usernamecpanel sesuai username cPanel hosting Anda)

Symlink melalui script PHP

Buatlah sebuah file, misalnya bernama symlink.php. Kemudian Anda bisa mengisi script tersebut, menggunakan contoh script PHP symlink sebagai berikut:
<?php
    $target = $_SERVER['DOCUMENT_ROOT']."/../laravel/storage";
    $link = $_SERVER['DOCUMENT_ROOT']."/storage";
    if(symlink( $target, $link )){
        echo "OK.";
    } else {
        echo "Gagal.";
    }
?>
Keterangan :
  • Pada bagian “$target = $_SERVER[‘DOCUMENT_ROOT’].”/../laravel/storage“;” Silahkan sesuaikan path target storage folder yang digunakan.
  • Lalu, pada bagian “$link = $_SERVER[‘DOCUMENT_ROOT’].”/storage“;” . Silahkan sesuaikan ke path dimana folder storage akan di link kan.
Untuk menjalankan script tersebut Anda dapat langsung mengakses URL atau Link letak file symlink itu Anda buat seperti contoh : https://namadomain.com/namafilesymlink.php atau sesuaikan dengan nama file php yang Anda buat, Apabila setelah di eksekusi muncul OK . Berarti symlink folder storage Anda berhasil di buat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url